Kukangku adalah sebuah gerakan yang bekerja sama dengan IAR Indonesia untuk mendukung upaya penyelamatan dan pelestarian kukang dengan memberikan edukasi dan penyadartahuan bagi masyarakat. Selengkapnya Visi dan Misi Kukangku  

Kukangku melakukan edukasi dan kampanye melalui platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Memberikan berita dan informasi berkaitan dengan perkembangan terkini dan fakta tentang kukang. Selain itu, Kukangku memfasilitasi pelaporan dan pengembalian kukang.

Secara spesifik, tujuan yang diharapkan adalah penurunan jumlah kukang yang dipelihara. Hingga nantinya angka perburuan dan perdagangan kukang dapat ditekan dan dihentikan. 

Kukangku sangat menyarankan untuk mengembalikan kukang yang dipelihara kepada BKSDA, Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) atau lembaga konservasi terkait. 

Populasi kukang di alam semakin mengkhawatirkan akibat perburuan dan perdagangan untuk pemeliharaan. Data dari IAR Indonesia, setiap tahunnya sekitar 800-900 individu kukang diambil di habitatnya. Baca di sini Populasi Kukang di Alam Kian Mengkhawatirkan

Hasil riset IAR Indonesia menyebutkan kebanyakan pemelihara kukang berasal dari Jakarta. Namun tidak menutup kemungkinan daerah-daerah lain tidak ada. Hal itu disebabkan karena banyaknya komunitas dan grup pecinta satwa yang bermunculan di setiap daerah. Mereka semua berpotensi untuk memlihara kukang. 

Kebanyakan masyarakat memelihara kukang karena dinilai lucu dan menggemaskan. Selain itu ketidaktahuan masyarakat tentang kukang semakin memperparah sebab pemeliharaan kukang. 

Tidak. Kukang adalah satwa liar yang dilindungi dan bukan hewan peliharaan. Memelihara kukang sama saja dengan tindakan melanggar hukum. Dasar hukumnya adalah UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya dan Ekosistemnya dengan ancaman pidana penjara 5 tahun dan denda Rp 100 juta. 

Dengan membeli kukang, kamu turut andil dalam siklus perdagangan satwa liar. Pedagang yang merasa diuntungkan akan semakin banyak memburu kukang dan mengancam populasi kukang di alam. Baca di sini Masih Berani Beli Hewan dilindungi?

Mengembalikan kukang bisa diserahkan melalui BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam). BKSDA adalah institusi negara di bawah KemenLHK yang bertugas khusus dalam melestarikan flora dan fauna di Indonesia.  

Tidak bisa. Penindakan dilakukan oleh pihak yang berwenang dalam hal ini BKSDA. Kukangku hanya berupaya melakukan pencegahan melalui edukasi dan kampanye. Dengan harapan rantai perburuan dan perdagangan dapat diputus dengan meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kukang itu bukan hewan peliharaan. 

Breeding (pengembangbiakan) bukan solusi karena (1) kukang termasuk satwa primata yang memiliki potensi zoonosis (penularan penyakit dari dan ke manusia) sangat tinggi. Primata tidak boleh dijadikan peliharaan. (2) masalah konservasi atau yang menyebabkan kukang terancam punah adalah peliharaan dan kerusakan habitat. Akan lebih baik untuk mencegah orang memelihara dan melakukan perlindungan habitat, daripada menambah jumlah populasi kukang yang  nantinya entah akan dilepasliarkan ke  mana. (3) apa tujuan pengembangbiakan? Jika untuk peliharaan jelas tidak boleh (lihat poin 1). Jika untuk dilepasliarkan, maka perlu pengembangbiakan yang mencakup proses rehabilitasi. Kukang merupakan primata, dan primata belajar dari induk. Proses belajar hidup liar cenderung susah dilakukan jika dia lahir dan besar di kandang. 

Kukang termasuk satwa dilindungi undang-undang pemerintah Indonesia dan aturan konservasi internasional (IUCN dan CITES), jadi jelas tidak boleh dipelihara dan tidak legal dikembangbiakan. Jika ada sertifikat, maka itu salah alias tidak benar.  

Masalah konservasi atau yang menyebabkan kukang terancam punah adalah peliharaan dan kerusakan habitat. Perburuan dan perdagangan dipicu dan diperkuat oleh pemeliharaan. Selama masih banyak orang yang pelihara kukang maka akan terus ada perburuan dan perdagangan untuk mensuplai kebutuhan tersebut. Lebih baik stop pemeliharaan. 

Ya, semua primata memiliki potensi menularkan penyakit kepada manusia dan tertular penyakit manusia.  

Ya, kukang memliki bisa yang diproduksi dari tubuhnya. Apabila  tergigit, manusia dapat mengalami demam tinggi dan infeksi yang cukup serius. 

Tidak bisa. Sebaiknya kukang diserahkan terlebih dahulu ke BKSDA atau PPS guna mendapat penangan tepat. Kukang, ataupun satwa liar lainnya, yang pernah dipelihara sudah mengalami stres dan pemotongan alat pertahanannya (taring, kuku) agar tidak membahayakan pemelihara. Selain itu, kukang yang pernah dipelihara berpotensi memiliki penyakit yang bisa dibawa dan ditularkan ke lingkungan habitat barunya. Kukang juga sudah terbiasa bergantung pada manusia.

Ada SOP yang berlaku. Sebelum dilepasliarkan, kukang terlebih dahulu melewati rangkaian pemeriksaan medis dan karantina. Tujuannya agar kukang kembali ke sifat liarnya dan siap hidup di alam. Hanya lembaga yang berwenang yang dapat melakukan hal tersebut. 

Pada kategori bar "Program", pilih “Pengembalian Kukang”. Kalian diminta untuk login. Jika belum login, silahkan pilih ‘Daftar’ terlebih dahulu. Setelah berhasil login, pilih “Tambah Kukang”, nanti akan ada form yang harus diisi mengenai informasi kukang yang akan kalian kembalikan. Setelah itu pilih ‘Simpan’, lalu klik ‘Kembalikan’. 

Pertama buka Kukangku.org, pada kategori bar pilih ‘Program’ dan klik ‘Lapor’. Setelah itu kalian dipersilahkan untuk login terlebih dahulu. Jika belum, ada pilih ‘Daftar’ dan mengisinya. Setelah login berhasil, pada halaman berikutnya silahkan kalian pilih “Lapor Pemelihara Kukang” atau “Lapor Penjual Kukang”. Nanti akan ada form yang harus isi terkait laporan yang kalian buat. 

Kukangku akan menghubungi untuk melakukan verifikasi data yang telah diinput. Jika sudah, selanjutnya Kukangku menyerahkan data ke IAR Indonesia sebagai pusat rehabilitasi yang berwenang. IAR akan menghubungi pemilik untuk membuat janji pengembalian kukang.

Kukangku akan memverifikasi data dan menghimpun seluruh hasil laporan masyarakat untuk nantinya diteruskan ke pihak yang berwenang. 

Selama terkait dalam penanganan kami, IAR Indonesia akan memastikan penanganan sesuai SOP. 

Bantu Kami Selamatkan Kukang!

A LITTLE ABOUT US

Kukangku adalah sebuah gerakan kampanye untuk melindungi kukang dari ancaman kepunahan akibat aktivitas perburuan, perdagangan dan pemeliharaan.

YOU MAY NEED THIS

KEEP IN TOUCH

Ikuti kegiatan kampanye penyadartahuan kukang oleh Kukangku melalui akun sosial media kami.

© Copyright 2017. All rights reserved. KukangKu.Org